Cara Menyetel Karburator Mobil

Home » Info Terbaru » Cara Menyetel Karburator Mobil

karburator mobil

Cara Menyetel Karburator Mobil

accessoriesmobil.netKarburator umum dipergunakan untuk mesin berbahan bakar bensin hingga akhir 1980-an. Setelah itu mulai banyak mesin mobil yang menggunakan kontrol bahan bakar sistem elektronik, atau sistem injeksi bahan bakar yang kita kenal hingga saat ini.Sistem injeksi/kontrol elektronik dikenal lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar bensin, sehingga banyak mesin mobil yang sudah beralih dari karburator.
Pada sepeda motor, karburator masih dipergunakan,karena sistem karburator lebih ringan dan murah setidaknya sebelum tahun 2005.Namun sekarang ini, produksi sepeda motor baru kebanyakan sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi.

Ada 3 sekerup di karburator yang memegang peran penting membuat mesin bensin menjadi optimal. Berikut ini 6 cara menyetel karburator mobil.

1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC dihidupkan. Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.

2. Sekerup RPM mesin diturunkan RPM sampai sekitar 500, atau sampai tidak mati saja.

3. Sekarang mulaid engan menyetel sekrup idle (campuran udara dan bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati. Kemudian kembali ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik.

4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang setelah sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.

5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup idle up sampai mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000.

6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan

Inilah cara menyetel karburator mobil

sumber:http://www.artikelotomotif.com/cara-menyetel-karburator-mobil.html

Leave a Reply to Cara Menyetel Karburator Mobil