Cara Mengatasi Klakson Yang Rusak

Home » Info Terbaru » Cara Mengatasi Klakson Yang Rusak

Klakson Hella Twintone Red

Cara Mengatasi Klakson Yang Rusak

accessoriesmobil.net–Klakson tidak hanya sebagai accessories mobil biasa namun juga mempunyai peranan yang sangat penting. Apa jadinya jika kendaraan bentuknya bagus dan keren, namun tidak memiliki klakson yang digunakan untuk memberi tanda terhadap kendaraan lain. Tentu, sangat berbahaya bukan?

Tidak adanya klakson atau alat tersebut mengalami kerusakan tentu akan berakibat fatal bagi pengendara. Terlebih, kegunaan klakson sangat vital. Pengendara akan dicerca banyak orang jika tidak memberikan aba-aba ketika akan mendahului atau berpapasan dengan kendaraan lain.

Oleh karena itu, jika alat tersebut mengalami kerusakan, setiap pengendara pasti akan mengalami suatu kejengkelan yang tidak terkira. Pengendara pun menjadi ragu-ragu ketika akan menyalip kendaraan lain karena accessories mobil mengalami kerusakan.

Sebelum kejadian tersebut terjadi, lebih baik setiap pengendara memeriksa klakson kendaraan. Ngadat-nya klakson ada beberapa sebab, diantaranya tidak mendapat perawatan yang maksimal. Apalagi disaat musim hujan, alat yang letaknya tersembunyi tersebut akan ‘dianaktirikan’ alias di-cuekin. Akibat tidak adanya perawatan maka klakson bisa ngambek. Biasanya masalah klakson bermula dari switch yang berada di setang atau setir. Khusus motor, bagiannya punya sedikit celah sehingga air mudah masuk. Akibatnya, bagian dalam switch menjadi berkarat.

Untuk mengatasi accessories mobil sebenarnya sangat mudah, tapi yang terpenting adalah rutinitasnya. Untuk membersihkan switch yang pertama adalah menyemprotkan cairan antikarat. Jika sudah dibersihkan dengan rust protection, tetapi klakson tetap tidak mau ‘berteriak’, lakukan langkah kedua.

Step berikut adalah memeriksa soket di jaringan kabel, siapa tahu ada yang putus. Untuk mengetahuinya, dibantu dengan alat test pen guna memantau, apakah ada arus listirk atau tidak. Perlu juga periksa aki sebagai pembangkit listrik apakah mengalami soak atau tidak.

Terakhir, membersihkan soket yang ada di belakang bodi klakson. Untuk membuatnya kembali seperti semula, bagian ini cukup dibersihkan dengan kertas pasir khusus untuk besi dengan jenis paling halus. Kemudian, di belakang klakson terdapat tempat penyetelan dengan obeng dan tang untuk setting suara. Terus diputar sampai mendapat suara yang ideal.

Bila sudah merawatnya, dijamin berbagai permasalahan yang menimpa kendaraan Anda tidak akan terjadi. Oleh karena itu, periksalah kendaraan secara rutin dan berkala, baik dengan Anda sendiri atau datang ke bengkel.

Sekian info accessories mobil tentang cara merawat klakson.Untuk melihat berbagai produk klakson bisa klik disini

Inilah Cara Mengatasi Klakson Yang Rusak

Klik Tips Memasang Klakson Keong untuk mengetahui cara memasang klakson keong mobil yang tepat

sumber: http://www.tnol.co.id/rekomendasi/7825-cara-mudah-mengatasi-klakson-ngadat.html